Ketahui Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan Kesehatan

Ketahui Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Daun binahong banyak kita jumpai di tukang tanaman hias maupun di depan rumah. Selain untuk tanaman hias ternyata daun binahong banyak sekali manfaatnya, salah satunya ialah bermanfaat untuk obat herbal alami. Bahkan daun binahong banyak yang memanfaatkan untuk pengobatan alternatif. Memang meracik ramuan tradisional menggunakan daun binahong tidak bisa anda rasakan langsung manfaatnya dalam jangka pendek, namun ini pengobatan paling murah dan tidak mengandung efek samping apapun.


Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Jika anda mencari informasi dari mesin pencarian, tentu akan menemukan banyak sekali manfaat daun binahong, dimana tanaman ini memang mempunyai banyak kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya zat antioksida yang sangat baik bagi tubuh dan mencegah timbulnya penyakit mematikan seperti kanker.

Berikut ini beberapa penyakit yang dapat di cegah dan diobati dengan daun binahong :

1. Mencegah dan mengobati kanker

Anda tentu sudah merasa ngeri dengan penyakit kanker, jangan takut pasalnya penyakit ini memang ada di dalam tubuh setiap orang, namun tinggal anda ingin mengaktifkan atau tidak. Mengkonsumsi tanaman daun binahong akan menurunkan resiko terkena kanker karena banyak mengandung antioksidan yang menjadi penangkal radikal bebas, ini juga bisa menurunkan zat karsinogen yang bisa memicu timbulnya penyakit kanker.

2. Bisa menurunkan kadar gula darah

Bagi penderita diabetes tentu harus selalu mengendalikan laju kadar gula dalam darah bukan, di dalam daun binahong terdapat zat alkaloid yang sangat berguna dalam diri penderita diabetes karena mempunyai sifat hipoglikemik sehingga bisa menurunkan kadar gula secara bertahap.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Satu lagi zat penting yang ada dalam daun binahong adalah zat saponin, ini akan berguna sebagai penurun kadar kolesterol dan tentu akan sangat menyehatkan tubuh, bagi penderita penyakit jantung bisa membuat anda terhindar dari serangan jantung.

Menghilangkan banyak penyakit kronis.
Daun binahong memang mempunyai banyak khasiat yaitu bisa menyembuhkan berbagai penyakit kronis, seperti mencegah serangan stroke, kencing manis, menstabilkan tekanan darah, wasir, gangguan sakit kepala berat, masalah imun tubuh, asam urat, hingga bisa memberikan stamina tambahan bagi tubuh.

4. Mengobati jerawat

Selain berguna untuk menghilangkan banyak penyakit kronis, ternyata daun binahong juga cocok untuk menghilangkan jerawat di wajah. Ini bisa anda gunakan untuk semua jenis kulit, terutama yang berkulit wajah berminyak.

Caranya:
Tumbuk daun binahong hingga hancur
Kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat
Lebih baik dilakukan saat malam hari atau sebelum tidur.

5. Menghentikan pendarahan

Jika anda terjatuh atau tergores dan tidak menemukan air, bisa menggunakan daun binahong untuk menghentikan pendarahan.

Caranya:
Haluskan atau tumbuk kemudian oleskan pada luka, ini akan sangat aman digunakan pada saat luka dalam keadaan basah sekalipun Baik pula untuk meredakan luka memar sehingga tidak menimbulkan linu linu bahkan bisa menghaluskan kulit.

6. Cocok untuk digunakan sebagai masker wajah

Ingin tampilan wajah menjadi halus dan putih, anda bisa menggunakan daun binahong sebagai masker wajah.

Caranya:
Tumbuk beberapa daun binahong hingga halus,
Tambahkan sedikit air dan gunakan sebagai masker
Lebih baik menggunakan di malam hari sebelum tidur dan bersihkan saat bangun tidur dengan air dingin.

7. Mengobati berbagai penyakit dalam

Berbagai jenis penyakit dalam juga bisa diringankan dengan daun binahong. Bukan hanya daunnya saja yang bermanfaat, namun hampir semua bagian daun binahong ini sangat bermanfaat. Untuk mendapatkan manfaat ini, yang kita gunakan adalah umbi binahong. Umbi binahong ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit seperti tifus, disentri, asam urat, mencegah stroke dan menjaga stamina tubuh.

Caranya:
Ambil umbi atau rimpang daun binahong secukupnya
Cuci bersih kemudian rebus sampai mendidih
Biarkan ramuan tadi dingin, lalu minum rebusan umbi binahong tadi 2 sampai 3 kali sehari

8. Mengatasi sesak nafas

Daun binahong ini juga sangat bermanfaat untuk mengobati dan meringankan sesak nafas.
Caranya:

Ambil daun binahong 11 lembar
Rebus daun tersebut sampai mendidih
Minum satu kali per hari secara rutin

9. Mengatasi sakit maag

Caranya:
Rebus daun binahong sampai mendidih
Minum rebusan daun binahong tadi secara rutin

10. Membantu mengatasi ambeien

Caranya:
Ambil 10 lembar daun binahong
Rebus daun binahong dengan 3 gelas air, tunggu sampai mendidih dan sisakan 1 gelas
Minum secara rutin satu kali per hari

Ternyata banyak sekali bukan manfaat daun binahong, ini akan sangat cocok digunakan sebagai obat obatan herbal sehari hari. Bahkan untuk anda yang ingin melakukan perawatan tubuh secara alami, maka bisa menggunakan daun binahong sebagai masker setiap harinya, ini tidak akan menimbulkan efek samping maupun kecanduan jika digunakan dalam jangka waktu lama sekalipun.


Sumber Artikel : http://wartamedika.com/manfaat-daun-binahong/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketahui Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan"