Facebook

Responsive Ads Here

Thursday, February 1, 2018

Anda Harus Tau Obat Penurun Panas Alami Untuk Anak

Ketika si buah hati mengalami panas tinggi, banyak para orang tua yang merasa kuwatir akan kondisi si buah hatinya. Namun Anda jangan panik, sebenarnya di sekitar rumah Anda banyak sekali obat alami penurun panas buat anak, namun banyak para orang tua yang tidak mengetahunya. Selain orang tua juga merasa kuwatir, kondisi tubuh yang mengalami suhu cukup tinggi juga menyebabkan si kecil rewel.


Sebenarnya banyak berbagai cara yang bisa kita lakukan ketika si kecil mengalami panas tinggi, mengompres si kecil dengan menggunakan air dingin adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan. Selain simpel hal ini cukup efektif untuk menurunkan suhu tubuh si kecil yang panas. Untuk menurunkan panas pada anak, banyak berbagai tanaman di sekitar rumah yang bisa Anda gunakan untuk menurunkan panas pada anak. 

Berikut ini adalah beberapa Obat Penurun Panas Alami Untuk Anak di sekitar rumah yang bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan panas pada anak :

1. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan minyak astari, turmeron, curcumin, serta zingiberen. Kandungan yang ada dalam kunyit sangat bermanfaat untuk anti bakteri, anti oksidan dan juga anti inflamasi. Ketika Anda akan menggunakan kunyit untuk menurunkan panas pada anak, caranya cukup mudah, cuci kunyit sampai bersih dan ambil sebanyak 10 gram, setelah itu parut kunyit dan larutkan dalam 1/2 gelas air panas, aduk hingga merata. Setelah air dingin, maka peras larutan kunyit tersebut dan ambil bagian sarinya saja. Anda juga bisa menambahkan sari kunyit ini dengan madu. Berikan ramuan ini kepada si kecil secara teratur.

2. Bawang Merah

Bawah merah tidak hanya berguna untuk bumbu masak, akan tetapi bawang merah juga berguna untuk menurunkan panas pada anak. Cara penggunaannya, kupas sebanyak 5 butir bawang merah. Setelah itu parut bawang merah secara kasar dan tambahkan dengan minyak kelapa. Cara penggunaannya yaitu Anda harus membalurkan ramuan ini kebagian ubun-ubun si kecil dan juga seluruh bagian tubuh.

3. Air Kelapa Muda

Di dalam air kelapa muda juga memiliki banyak kandungan yang dapat menurunkan panas pada anak, salah satunya yaitu mineral juga kalium. Nah, ketika si kecil panas, maka dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi air kelapa untuk menurunkan panasnya.

4.Sambiloto

Sambiloto ini juga memiliki kandungan andrografolid lactones yaitu zat pahit yang terkandung di dalam sambiloto, glucosides, diterpene, serta flavonoid yang memang berfungsi untuk menurunkan panas pada si kecil. Cara  sebagai berikut, rebus 10 gram daun sambiloto yang sudah kering, lalu tambahkan 25 gram umbi kunyit yang kering, serta 200 cc air. Setelah itu, rebus ramuan yang sudah di campurkan tadi hingga mendidih sampai airnya tersisa menjadi 100 cc, setelah itu saring. Dalam kondisi yang masih hangat, Anda bisa menambahkan 100 cc madu dan aduk sampai rata. Bagi menjadi tiga bagian dan berikan kepada si kecil 3 kali dalam satu hari.

5. Temulawak

Temulawak merupakan tanaman sejenis rimpang, yang memiliki kandungan zat yang bermanfaat untuk penurun panas, mencret, maag, diare, bahkan bisa di gunakan untuk meringankan rasa pegal pada tubuh. Cara penggunaannya cukup mudah, bersihkan sebanyak 10 gram temulawak, kemudian parut temulawak tersebut. Setelah di parut, tambahkan 1/2 gelas air panas, lalu di aduk sampai rata. Setelah air tersebut dingin, maka Anda tinggal memeras dan cukup mengambil sarinya saja. Anda juga bisa mencampurkan air temulawak ini dengan 2 sdm madu asli. Setelah itu berikan kepada si kecil secara teratur.

6. Air Gula Aren

Gula aren atau yang biasa dikenal dengan sebutan gula merah ini memiliki kandungan vitamin B kompleks, glukosa, berbagai garam mineral, dan riboflavin yang berguna sebagai antioksidan, menjaga kekebalan tubuh, dan mengobati panas demam. Oleh karena itu, selain rasanya yang manis menyegarkan, air gula aren dapat dijadikan pilihan orangtua untuk mengobati anaknya yang sedang demam.

7. Daun Kembang Sepatu

Daun kembang sepatu memiliki kandungan saponin dan polifenol. Polifenol termasuk ke dalam bioflavonoid yang memiliki berbagai macam manfaat untuk mengobati penyakit dan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Daun kembang sepatu juga dapat diberikan pada anak sebagai obat penurun panas. Cara menggunakannya adalah, panaskan daun kembang sepatu di atas api sebentar hingga daun layu, kemudian diremas-remas. Setelah itu, daun kembang sepatu ditambahkan sedikit minyak kelapa dan tempelkan di dahi anak sebagai kompres penurun panas.

Demikian 7 Obat Penurun Panas Alami Untuk Anak yang bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan  suhu panas pada Anak. Yang mungkin kecocokan dari masing-masing obat akan berbeda-beda bagi setiap anak. Jika demam anak masih berlanjut atau menunjukkan tanda-tanda tertentu seperti panas tidak stabil, segera hubungi Dokter.

No comments: