Facebook

Responsive Ads Here

Monday, February 26, 2018

Cara Mengobati Mata Katarak Pada Bayi

Katarak kongenital yaitu perubahan pada kebeningan susunan lensa mata yang terlihat ketika kelahiran bayi atau sehabis bayi lahir. Katarak jenis ini bisa terjadi di ke-2 mata bayi (bilateral) ataupun sebelah mata bayi (unilateral). 


Keruh/buram di lensa tampak sebagai bintik putih bila dibanding dengan pupil hitam yang normal serta bisa diliat dengan mata telanjang. Bisa terlihat dengan sporadic, atau bisa pula dikarenakan oleh kelainan kromosom, penyakit metabolis (galaktosemia), infeksi intraurin (rubella) atau masalah penyakit maternal selama saat kehamilan. 

Kira-kira 0,4 % dari semua kelahiran, katarak kongenital ditemukan. Tidak semuanya katarak kongenital memerlukan pembedahan, namun lebih banyak yang perlu melakukannya. Katarak kogenital yang hanya segi peripheral/tepi dari lensa bisa tidak memerlukan pembedahan, karna pengelihatan paling utama tidak terhalangi. Begitu halnya katarak yang sangat kecil tidak memerlukan pembedahan. 

Jenis Katarak Kongenital 

Pembentukan katarak kogenital yang umum diantaranya seperti : 
Anterior polar katarak tampak jelas, terdapat dibagian depan dari lensa mata serta umumnya berkaitan dengan karakter bawaan. 
Posterior polar katarak juga terlihat jelas, namun terlihat dibagian belakang lensa mata. 
  
Nuclear cataract muncul di bagian tengah lensa. Adalah type katarak yang umum pada pembentukan katarak kongenital. Cerulean cataracts umumnya ditemukan di ke-2 mata bayi serta dibedakan dengan bintik kecil serta kebiruan pada mata. Cerulean cataracts berkaitan dengan keturunan/genetik. 
  
Penyebabnya Katarak Kogenital 

Katarak yang memperkeruh lensa normal umumnya berkaitan dengan sistem penuaan. Namun katarak kongenital terlihat pada bayi baru lahir karna beragam alasan seperti keturunan (genetik), infeksi, permasalahan metabolism, diabetes, trauma (benturan), inflamasi atau reaksi obat, sebagai contoh, pengggunaan anti biotik tetracycline yang umum dipakai pada perawatan infeksi pada ibu hamil sudah menunjukkan mengakibatkan katarak kogenital pada bayi baru lahir. 

Katarak kongenital juga nampak bila, selama masa kehamilan, ibu bayi menderita infeksi seperti campak atau rubella (penyebabnya paling umum), rubeola, chicken pox, cytomegalovirus, herpes simplex, herpes zoster, poliomyelitis, influensza, virus Epstein-Barr, sifilis, serta toxoplasmosis. 

Bayi yang sudah tumbuh serta anak-anak bisa didiagnosa menderita katarak kogenital, yang di kenal dengan pediatric cataract (katarak pada anak), karna alasan yang sama. Bagaimanapun, trauma berkaitan dengan peristiwa seperti pembesaran mata adalah penyebabnya paling utama (40% dari masalah katarak pada fase anak-remaja). Pada 33% dari masalah pediatric cataract, anak-anak dilahirkan dengan katarak kongenital yang telah didiagnosa terlebih dulu. 

Pemecahan pengobataan Katarak pada bayi dapat sembuh lewat cara terapi penyembuhan alternatif : 

Diet Sehat 
Tingginya kolerasi pada kekurangan nutrisi dengan masalah katarak serta problem diabetes dengan katarak mengakibatkan diet sehat kaya vitamin, mineral, serta anti oksidan menjadi alternatif paling baik yang dapat membantu menangani keluhan katarak, walau tidak bisa menuntaskan secara maksimum. 

Anda dapat memberikan sebagian menu penting untuk mata seperti wortel, tomat, kacang-kacangan serta biji-bijian, bermacam jenis buah berry, noni jus, pepaya, kacang merah, dan buah naga. 

Terapi Refleksologi dan Akupuntur 
Terapi dengan cara penekanan pemijatan serta penusukan pada titik refleksologi tertentu pada kaki umumnya juga akan membantu menetralkan pembentukan selaput lensa pada masalah katarak. 

Umumnya terapi ini dilakukan teratur setiap 2 hingga 3 kali seminggu untuk memperoleh hasil yang baik. Cara ini juga akan membantu merangsang aliran darah menuju mata serta membantu membebaskan radikal bebas dari mata dengan alami. 

Terapi Uap 
Dengan lebih dari satu jenis senyawa radikal bebas, beberapa pakar herbal menemukan cara penyembuhan alternatif katarak dengan memberikannya uap hangat pada mata. Kandungan beberapa essensial dalam uap juga akan membantu membebaskan residu serta toksin dalam mata yang ikut berperan mengakibatkan timbulnya katarak. Cara ini akan begitu baik untuk membantu menangani permasalahan pembentukan sel abnormal dengan memberi tambahan essensial kaya vitamin A, C, E, serta B. 

Terapi Gambar 
Sebagian dokter mencoba cara penyembuhan alternatif katarak tingkat awal dengan memberikannya terapi penglihatan. Terapi ini berbentuk bantuan untuk melihat satu objek gambar yang berganti tempat terus menerus hingga memaksa lensa menjadi membesar dan mengecil terus-terusan untuk mengubah konsentrasi. Sinar yang di uraikan juga berganti-ganti hingga membantu melakukan perbaikan otot diafragma mata. Konon cara ini dapat juga membantu menghambat perubahan sel abnormal berupa selaput mata. 

Terapi Juice 
Terapi ini sangat mungkin untuk pasien mengkonsumsi buah-buahan segar seperti blackberry, strobery, dan sebagainya yang mempunyai tingkat anti-oksidan yang tinggi. Sehingga buah-buahan tersebut mempunyai kekuatan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. 

Terapi Ayurveda 
System penyembuhan yang berasal dari India ini begitu di rekomendasikan untuk pasien katarak. Obat ini bisa dibeli di toko obat India atau toko on-line. Cuma perlu meminum satu sendok teh bubuk triphala dengan dua gelas air. 

Seperti diterangkan diatas, meskipun ada pilhan penyembuhan katarak alternatif, nyaris 80% masalah katarak terpaksa diselesaikan di meja operasi. Serta kenyataannya operasi penanganan katarak bukanlah digolongkan sebagai operasi besar karna saat penanganan yang relatif pendek. Tetapi sebagian pasien dapat juga menjajal cara-cara penyembuhan alternatif katarak diatas, terlebih buat mereka dengan keadaan katarak yang masih belum kronis atau masih tingkat awal.

No comments: