Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Nanas ? Kesehatan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Nanas ?

Buah nanas hingga saat ini masih begitu dijauhii oleh ibu hamil yang takut mengalami keguguran bila mengkonsumsinya. Apakah benar mengkonsumsi buah nanas waktu hamil dapat mengakibatkan keguguran? 

sumber gambar : Vemale.com
Buah nanas banyak di konsumsi oleh masyarakat baik menjadi buah asli, juice atau dapat pula digabungkan dalam salad buah, asinan serta rujak. Nanas adalah satu diantara buah tropis yang dapat memberikan efek segar bagi yang mengkonsumsinya. Tetapi, nanas dikenal juga memiliki kandungan tingkat keasaman yang tinggi. 

Hingga sekarang ini belum ada riset yang menerangkan secara ilmiah tentang hubungan antara mengkonsumsi nanas waktu hamil dengan keguguran. Tetapi, ada banyak hal yang menunjukan kalau nanas dapat memberikan dampak pada mulut rahim serta sperma seseorang. 

Melansir dari klikdokter.com. Berikut penjelasan yang bisa diambil kenapa ibu hamil kerapkali dilarang mengonsumsi nanas : 

1. Kontraksi sebelum waktunya 

Biasanya untuk Anda yang tengah memasuki kehamilan di trimester pertama begitu rawan terhadap beberapa kendala kehamilan terlebih apabila anda mempunyai rahim yang lemah. Pada bulan pertama seringkali anda dilarang mengonsumsi nanas atau minum juice nanas. 

Nanas memiliki kandungan bromelain yang bisa melemahkan serviks atau leher rahim sehingga di kuatirkan jika dikonsumsi pada jumlah yang terlalu berlebih, kandungan ini juga akan menggangu kehamilan Anda. 

Sebagian orang memilih untuk tidak mengonsumsi nanas, meskipun demikian bagi Anda yang menginginkan mengonsumsi nanas, anda bisa mengonsumsinya sesudah lewat trimester pertama dengan jumlah yang terbatas serta pastikan nanas yang benar benar sudah matang. 

2. Keguguran 

Betulkah nanas bisa menyebabkan keguguran? Kandungan bromelain didalam nanas yang di kuatirkan juga akan menggangu keadaan kehamilan anda, terlebih apabila anda mempunyai kisah keguguran sebelumnya. 

Hindari mengonsumsi nanas yang masih muda dengan kulit berwarna hijau, meski begitu bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi nanas, mengkonsumsi nanas dengan jumlah yang terbatas dan tentukan buah nanas yang matang. 

3. Problem kesehatan kehamilan 

Rasa asam yang ada didalam buah nanas bisa menyebabkan masalah pada lambung terlebih untuk ibu hamil yang mempunyai riwayat penyakit maag. Walau buah nanas bisa dikonsumsi oleh ibu hamil akan tetapi untuk ibu hamil yang menderita gastritis sebaiknya dihindari sama sekali, karena juga akan mengangu kesehatan Anda serta janin. 

Hingga bisa ditarik kesimpulan kalau buah nanas yang kaya dengan kandungan vitamin C serta nutrisi bisa saja dikonsumsi oleh ibu hamil dengan jumlah serta pilihan buah nanas yang sudah matang. 

Tidak semuanya ibu hamil bisa mengonsumsi buah nanas meskipun dalam jumlah sedikit, untuk anda yang mempunyai problem dengan maag serta gastritis sebaiknya hindari terlebih dulu. Konsultasikan selalu kesehatan anda dengan dokter atau bidan, begitu halnya makanan yang paling baik untuk kehamilan anda, mengingat tiap-tiap ibu hamil mempunyai kondisi kesehatan yang berbeda. 

Sekian informasi ini kami sampaikan, mudah-mudahan berguna.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Nanas ?"