Bahaya Makan Sosis Berlebihan



Sosis merupakan makanan siap santap dengan rasa yang gurih dan sedikit asin yang di sukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Akan tetapi di balik kelezatanya itu banyak yang tidak menyadari bahwa kandungan dalam makanan itu sebenarnya membahayakan bagi kesehatan. Hanya karna mudah di temukan dengan harga yang terjangkau, maka sosis saat ini jadi pilihan untuk sumber protein masyarakat. Perlu Anda ketahui apa yang mengakibatkan makanan ini termasuk makanan yang membahayakan bagi kesehatan serta tidak disarankan dikonsumsi rutin dan berlebihan, diberitakan dari Times of India :

Bahaya Makan Sosis Berlebihan

Bahan Pengawet
Makanan olahan pabrikan ini tentu harus tahan lama, sebab ia juga akan didistribusikan ke beragam tempat. Oleh karena harus ada bahan pengawetnya, demikian juga sistem spesifik yang sepintas terlihat tidak beresiko. Walau demikian sesungguhnya dalam periode panjang bahan itu bisa menyebabkan rusaknya permanen di system pencernaan.

Bahan Tambahan
Rasa lezat serta adiktif yang ada pada makanan olahan dapat diperoleh karna penambahan enhancer. Itu merupakan bahan kimia untuk memperkuat rasa pada daging olahan.

Sodium Tinggi
Kandungan sodiumnya tinggi untuk menjaga rasa, meskipun sebenarnya itu beresiko dan bisamengakibatkan penyakit hipertensi serta jantung.

Bahan Sintetis
Sebagian studi menemukan adanya bahan sintetis pada daging olahan seperti sosis untuk menambah jumlah. Wajar bila sosis bisa di jual dengan harga ekonomis, walau sebenarnya daging di market terkadang harga nya lebih tinggi.

Nitrosamin
Bukan hanya itu, sejalan dengan perubahan jaman ataupun perubahan pola hidup masyarakat global sosis juga mengalami banyak perubahan. Bukan sekedar masalah rasa dan bentuk kemasan, sosis yang juga dikenal berdasarkan nama daerah tempat produksi sosis seperti, Berlin, Braunschweig, Genoa, dan sebagainya, saat ini sudah ada juga product sosis siap makan tanpa ada butuh dibuat atau dipanaskan terlebih dulu.

Diluar itu, ada juga sosis yang di buat dengan sistem sterilisasi yang menjadikan ketahanan sosis lebih awet walau tidak disimpan dalam almari pendingin tetaplah higienis serta langsung siap untuk dikonsumsi.

Tetapi di balik kelezatan sepotong sosis Anda perlu mewaspadai juga bahaya yang bisa diakibatkan bagi kesehatan. Pada sebagian jenis product sosis memiliki kandungan kandungan lemak, kolesterol serta sodium yang cukup tinggi yang punya potensi bisa mengakibatkan munculnya penyakit jantung, stroke, ataupun hipertensi jika dikonsumsi terlalu berlebih.

Maka dari itu, kecermatan Anda saat memilih product sosis sangatlah dibutuhkan. Sekarang ini banyak telah beredar beberapa produk sosis dengan komposisi nilai gizi yang tidak cocok dengan aturan yang sudah ditetapkan yang berarti komposisi pemakaian jumlah daging ataupun pemakaian bahan pada product itu tidak sesuai standard. Produk-produk seperti inilah yang beresiko untuk kesehatan.

Saat Anda akan membeli sosis, bacalah label dalam kemasan sosis terlebih dulu yakinkan kalau product sosis pilihan Anda mempunyai kandungan lemak yang rendah dan mempunyai komposisi nilai gizi yang sesuai dengan Standard Nasional Indonesia (SNI 01-3820-1995) dengan ketetapan seperti berikut :

Mempunyai kandungan air maksimum 67%
Mempunyai kandungan abu maksimum 3%
Mempunyai kandungan protein minimum 13%
Mempunyai kandungan lemak maksimum 25%
Mempunyai kandungan karbohidrat maksimum 8%

Dan yang paling penting yaitu janganlah mengonsumsi sosis terlalu berlebih. Cermati terlebih dulu beberapa aspek kesehatan dan resikonya yang mungkin saja ditimbulkannya seperti obesitas serta cholesterol.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Makan Sosis Berlebihan"