Facebook

Responsive Ads Here

Thursday, January 25, 2018

Ketahui berapa kalori yang di butuhkan tubuh dalam satu hari

Ketahui berapa kalori yang di butuhkan tubuh dalam satu hari

Asupan kalori yang di butuhkan tubuh sesorang ternyata berbeda-beda. Faktor-faktor seperti berat badan, jenis kelamin, kegiatan fisik, keadaan fisiologis misalkan ibu hamil. dan lain sebagainya. Tetapi pada umunya, laki-laki memerlukan kalori 2500 perhari sementara perempuan membutuhkan kalori sekitar 2200 perhari. Gizi yang seimbang meliputi beragam makanan antara lain makanan sumber zat tenaga karbohidrat ialah makanan pokok sumber zat pembangun protein melalui lauk pauk dan zat sumber pengatur melalui sayuran dan buah-buahan. 


Protein bisa hewani antara lain daging, ikan, dan telor, ataupun protein nabati antara lain tempe, tahu, dan kacang-kacangan. Selain imbang dengan komponen zat juga harus imbang dengan waktu makananya. Makan pagi, siang, malam, plus cemilan. Dan juga keseimbangan antara jumlah asupan yang di makan dengan kebutuhan yaitu angka tercukupnya kalori yang 2500 dan 2200 seperti yang di sebutkan di atas.

Porsi makanan yang di anjurkan harus 4 sehat 5 sempurna. Antara lain nasi, lauk pauk, sayur, buah-buahan dan cemilan. Untuk makanan pokok seperti nasi misalkan laki-laki memerlukan 5 piring perhari, Satu piring kira-kira 200 gram, jumlah kalorinya kira-kira 300 kalori. Sementara perempuan memerlukan 3 piring nasi perhari, di bagi 3 kali waktu makan , pagi, siang dan malam.

Dalam mengkonsumsi lauk pauk baik laki-laki maupun perempuan tidak jauh berbeda, sekitar 2 potong perhari. Satu potong atau satu porsinya kira-kira 50 gram. Luk pauk ini bisa di bagi menjadi lauk pauk hewani antara lain daging, telur, dan ikan, berikut protein nabati antara lain tempe, tahu, dan kacang-kacangan.

Tempe dan tahu 3 potong sehari kira-kira 50 gram. Sedangkan sayuran, laki-laki dan perempuan kebutuhanya tidak jauh berbeda, yaitu 1 porsi perhari sekitar 100 gram. Juga buah minimal 1 porsi perhari kira-kira 100 gram. Bisa mengambil 2-3 potong apabila buahnya kecil, yang intinya beratnya 100 gram. Untuk cemilan 1 porsi sekitar 150-250 kalori.

Misalnya pada perempuan, apabila kebutuhan kalorinya 2200, bisa di bagi menjadi sarapan pagi 20 persen, untuk makan siang dan malam 30 persen dan sisanya cemilan. Cemilan bisa 2 kali sehari pagi sama sore masing-masing 10 persen.

No comments: