Tanda Dan Gejala Tipes Pada Anak Kesehatan

Tanda Dan Gejala Tipes Pada Anak

Tanda tanda gejala tipes gejala tipes pada anak 

Dalam istilah medis tipes adalah demam tifoid yaitu penyakit menular yang terjadi karena infeksi bakteri salmonella typhi. Biasanya penyakit ini bisa menyerang siapa saja baik itu anak-anak maupun orang dewasa dan penyakit ini tergolong penyakit menular. Dengan kondisi lingkungan yang kurang sehat atau tidak menjaga kebersihan dalam makanan dapat menyebabkan awal mulanya bakteri Salmonella ini masuk dan berkembang dalam tubuh.

sumber gambar  Amazon.com

Bakteri Salmonella masuk ke dalam usus halus kemudian berkembang dan merusak dinding usus. Kabar buruknya adalah bakteri akan berkembang pada saluran limfa hingga ke pembuluh darah. Proses perkembangbiakan bakteri Salmonella dalam tubuh hanya butuh waktu satu hari. Walaupun demikian ada juga yang memakan waktu sekitar satu sampai tiga minggu. Setelah proses perkembangbiakan Bakteri Salmonella dalam tubuh, akan muncul gejala-gejala tifus.

Berikut adalah tanda-tanda gejala tipes pada anak

1. Demam

Pada penyakit tipes, gejala awal yang terjadi adalah anak mengalami demam tinggi hingga mencapai 39 – 40 derajat Celcius. Umumnya gejala ini akan berlangsung selama kurang lebih satu minggu. Memang agak sulit membedakan, karena saat pada hari demam tingginya akan turun dan anak terlihat seoah-olah tidak sakit. Oleh karena itu anda coba ukur suhu anak saat malam hari. Jika panasnya di atas 39 derajat, segera bawa anak ke Dokter.

2. Tubuh terlihat lemes

Ketika anak mengalami demam, mual muntah, diare, dan kurang nafsu makan, maka tubuhnya akan terasa lemas. Anak akan terlihat lesu dan tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas apa pun. Jika anak tidak mau makan sama sekali, tubuhnya akan semakin melemah. Oleh karena itu, para orang tua harus mengusahakan tubuh anak tetap di beri asupan makanan dan minuman walau cuman sedikit.

3. Pingsan

Untuk gejala tipes pada anak yang satu ini umumnya terjadi pada penderita yang penyakitnya sudah kritis. Gejala tipes pada orang dewasa juga bisa membuat seseorang bisa jatuh pingsan.

4. Warna lidah putih

Gejala lain yang harus diperhatikan oleh para orang tua adalah kondisi lidah anak. Jika lidah anak berwarna putih dengan disertai gejala yang telah dijelaskan di atas, maka anak tersebut akan diindikasikan positif terkena tifus. Lidah putih pada anak terjadi karena badannya kehilangan cairan dalam jumlah banyak hingga wajah dan lidahnya pun akan menjadi pucat.

5. Diare

Diare saat tipes terjadi karena bakteri mulai bergerak dan menyerang saluran pencernaan. Tapi pada beberapa kasus, ada juga penderita yang justru mengalami sulit buang air besar atau konstipasi.

Penyakit tipes pada anak harus benar-benar diwaspadai dan mendapatkan penanganan yang serius dari dokter. Selama gejala ini muncul pada tahap awal, usahakan untuk selalu memberikan banyak air putih kepada anak, berikan makanan yang bertekstur lunak dan berikan oralit ketika anak terserang diare.

Cara mengobati penyakit tipes secara tradisonal biasanya adalah  menggunakan kapsul cacing tanah. Jika menggunakan labu caranya dengan membuat jus labu yang sudah dibuang kulitnya kemudian di minum secara rutin setiap hari. Penderita tipes harus istirahat total. Penderita juga harus banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori dan protein.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanda Dan Gejala Tipes Pada Anak "