Apa Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirih Merah Kesehatan

Apa Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirih Merah

Daun sirih merah selain buat tanaman hias ternyata banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Daun sirih merah terkenal dengan tanaman herbal untuk pengobatan, yang sering diminum dengan cara meminum air rebusan daun sirih nmerah. Namun ada sebagian orang yang menggunakannya dengan cara dibakar dan ditempelkan pada area yang sakit.


Terlebih daun sirih merah ini gampang ditemukan dan mudah untuk ditanam. Tanaman bernama latin piper batle l. tersebut dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat karena mengandung minyak atsiri, kavikol, gula, seskuiterpen, zat samak, pati, dan juga minyak terbang atau betlephenol.

Manfat dan bagaimana cara pengobatanya, yuk kita baca ulasanya di bawah ini

1. Mengobati diabtes mellitus

Cara pengobatan sirih merah buat penderita diabetes melitus adalah dengan cara menyiapkan tiga lembar daun sirih merah, cuci sampai bersih kemudian masukkan ke dalam wadah yang sudah di isi dengan tiga gelas air putih dan rebus sampai mendidih. Saring air rebusan dan minum 3 kali sehari sebelum makan.

2. Mengobat jerawat

Tumbuk sepuluh lembar daun sirih merah tetapi jangan sampai halus kemudian seduh dengan air panas. Setelah dingin basuhkan air daun sirih merah tadi pada bagian kulit yang berjerawat. Lakukan dengan teratur setiap dua hari sekali.

3. Mengobati sakit gigi

Tiga lembar daun sirih merah di rebus dan dicampur dengan dua gelas air bersih. Saring air rebusan tersebunya dan tunggu sampai dingin kemudian gunakan untuk berkumur kumur. Lakukan sampai rasa sakit giginya hilang secara perlahan.

4. Mengobati prostat

Lima lembar daun sirih merah di rebus dan dicampur dengan dua gelas air bersih. Minum air rebusan daun sirih merah tersebut sebanyak dua kali secara teratur.

5. Menghilangkan bau badan

Lima lembar daun sirih merah di rebus dan dicampur dengan dua gelas air bersih. Saring air rebusanya kemudian minum secara teratur.

6. Mengobati penyakit asma

Caranya, siapkan 4-5 daun sirih, rebus daun tersebut dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Di minum ir rebusan nya tadi dengan rutin setidaknya 2 atau 3 gelas dalam sehari.

7. Mengobati demam berdarah

Rebus 5 sampi 6 daun sirih kedalam 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Dan minum air rebusanya tadi 2 kali sehari secara rutin.

8. Mengobati sakit gusi dan sariawan

Anda cukup mengunyah 1–2 lembar daun sirih merah selama 10 menit, lakukan sebanyak  2 kali sehari.

Daun sirih merah mengandung Senyawa alkoloid, yang  memiliki fungsi yang sama dengan senyawa flavonoid dan polifenol . Yaitu mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh manusia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirih Merah"