Penyebab terjadinya infeksi mata akibat kontak lensa

Penyebab terjadinya infeksi mata akibat kontak lensa. Saat ini lensa kontak sudah umum digunakan. Bagi orang yang memiliki mata minus dan tidak mau ribet menggunakan kacamata maka biasanya mereka menggunakan lensa kontak.


Lensa mata juga digunakan untuk mempercantik mata karena memiliki warna-warna yang menarik sehingga mata pun akan terlihat indah. Namun jika kita tidak hati-hati, penggunaan lensa kontak ini sangat rentan terhadap bakteri atau jamur sehingga akan terjadi infeksi mata akibat memakai lensa kontak ini. 


oleh karenanya sebelum memakai lensa kontak ada baiknya kita berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mata.

Infeksi Mata Akibat Lensa Kontak

Lensa mata ada 2 jenis, yiatu jenis lensa yang lembut dan lentur sehingga nyaman digunakan dan jenis kontak lensa yang kaku dan keras. 

Namun lensa kontak jenis kedua ini biasanya tidak dijual bebas tapi hanya ada di klinik dokter mata. Bagi pemakai lensa kontak sangat penting untuk menjaga kebersihan lensa kontak karena jika kita tidak merawat keberihan lensa kontak maka mata kita bisa terkena infeksi. 

Beberapa infeksi pada mata, di antaranya peradangan pada kornea mata. Gejalanya adalah mata merah dan terasa perih, penglihatan kita menjadi buram, sulit membuka kelopak mata dan terasa ada yang menghalangi pada mata. 

Peradangan pada kornea mata ini terjadi ketika kita terlalu lama menggunakan lensa kontak atau terkena infeksi bakteri dan virus. Infeksi mata lainya adalah abrasi kornea mata.

Hal ini terjadi karena lensa kontak yang kotor dan tidak dicuci dengan benar sehingga kornea mata tergores. Akbiatnya pandangan mata akan kabur dan fungsi penglihatan akan menurun. Selain itu infeksi mata lainnya adalah sindrom mata kering. 

Hal ini bisa terjadi jika kita terlalu lama menggunakan lensa kontak dalam ruangan berpendingin (AC). Akibatnya mata kita air mata terlalu cepat mengering sedangkan mata tidak cukup memproduksi air mata.

Kesalahan Memakai Lensa Kontak

Kesalahan dalam memakai lensa kontak apalagi dilakukan secara berulang, akan mengakibatkan infeksi pada mata. Kesalahan-kesalahan tersebut di antaranya memakai lensa kontak terlalu lama dan kesalahan ini yang paling banyak terjadi pada pemakai lensa kontak. 

Jika lensa kontak terus-menerus digunakan melebihi jangka waktu yang seharusnya maka akan berdampak buruk pada kornea mata. 
Kesalahan lainnya ketika memakai lensa kontak adalah mencampur cairan kontak lensa yang lama dengan yang baru pada wadah penyimpanan. 

Biasanya kita sering melakukan hal tersebut agar lebih praktis tidak harus membuang cairan lama terlebih dahulu. Namun hal tersebut dapat menyebabkan kuman dan bakteri berkembangbiak. 

Oleh karenanya, jangan malas untuk membuang cairan lama dan menggantinya dengan cairan baru dan jangan lupa untuk mencuci tempat penyimpanan lensa kontak. 

Kesalahan lainnya adalah tidur masih menggunakan lensa kontak hal tersebut akan melukai kornea mata.

Demikian artikel mengenai infeksi mata akibat memakai lensa kontak semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab terjadinya infeksi mata akibat kontak lensa"