Facebook

Responsive Ads Here

Friday, December 29, 2017

Penyebab obesitas dan Cegah Obesitas Pada Anak Dengan Cara Ini

Penyebab obesitas dan Cegah Obesitas Pada Anak Dengan Cara Ini. Kesehatan anak merupakan hal penting bagi kita sebagai orang tua. oleh karenaya para orang tua akan memperhatikan asupan gizi bagi anak meraka agar anak tumbuh sehat. 


Umumnya, para orang tua akan senang ketika anak banyak makan atau bahkan senang ketika anak kita gemuk karena berarti anak tumbuh sehat dan makan dengan baik. 

Namun sebaiknya kita jangan senang dulu ketika anak kita gemuk atau bahkan obesitas karena anak yang mengalami obesitas rentan terhadap berbagai jenis penyakit, seperti penyakit kolestrol, asma, darah tinggi, jantung atau bahkan terdapat masalah pada tulang mereka. 


Oleh karenanya kita sebagai orang tua harus bijak memilih atau memberikan makanan agar mencegah obesitas pada anak. 

Penyebab Obesitas Pada Anak

Faktor yang bisa menyebabkan obesitas pada anak ada dua, yaitu faktor genetik dan gaya hidup. Obesitas pada anak bisa karena faktor genetik atau keturunan, jika ada di dalam rumahnya orang yang memiliki berat badan berlebih maka anak juga beresiko mengalami hal yang sama. 

Perilaku sehari-hari dalam keluarga seperti perilaku makan atau beraktivitas juga sangat menentukan anak mengalami kegemukan atau obesitas. Inilah yang menjadi penyebab obesitas yang kedua, yaitu gaya hidup. 

Anak-anak zaman sekarang kurang begitu aktif melakukan kegiatan yang menguras tenaga atau kegiatan fisik. Saat ini anak lebih sering menonton tv, bermain video game, bermain sosial media dan bermain telpon genggam sehingga aktifitas fisik mereka terbatas. 

Selain itu pola makan yang berlebihan pada anak juga akan menyebabkan obesitas apalagi memakan makanan yang mengandung gula atau fast food yang mudah didapatkan namun berkolestrol tinggi.

Mencegah Obesitas Pada Anak

Ketika anak sudah mengalamai obesitas maka cara yang harus dilakukan adalah berkonsultasi ke dokter agar diketahui terlebih dahulu riwayat medisnya dan agar bisa mengontrol asupan makanan berdasarkan hitungan kalori. 

Adapun jika anak kita belum mengalami kegemukan atau obesitas maka kita harus mencegah agar anak tidak mengalami obesitas. 

Ada beberapa cara untuk mencegah obesitas pada anak. Misalnya dengan menyusun sendiri makanan dan snack untuk anak yang tentunya sehat dan dengan kalori yang seimbang. Minuman anak juga harus diperhatikan jangan mengandung pemanis buatan. 

Jadwal makan dan jadwal makanan ringan juga harus diatur. Selain itu lakukan aktivitas fisik bersama anak. Seperti olahraga bersama, bermain bola di halaman, bermain lompat tali, berenang atau bersepeda bersama. 

Hal itu sangat baik selain untuk mendekatkan anggota keluarga, namun juga baik untuk tubuh agar tetap bugar dan sehat. 

Terakhir jangan biarkan anak menonton tv atau bermain game terlalu lama karena dengan membatasi menonton tv atau bermain game maka anak akan mencari aktivitas lainnya dan arahkan untuk melakukan aktivitas fisik yang bermanfaat.

Demikian cara mencegah obesitas pada anak semoga bermanfaat.

No comments: