Rabu, 27 Desember 2017

Cara mengobati flu dengan cepat dan Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Flu Menyerang?

Cara mengobati flu  dengan cepat dan Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Flu Menyerang?

Ketika cuaca yang tidak menentu dan kondisi badan kurang fit maka kita bisa mudah terserang bakteri atau virus. Demam, flu, batuk atau pilek adalah beberapa penyakit yang sering menyerang dan biasanya datang secara bersamaan. 


Flu atau pilek merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus pada alat pernapasan. Oleh karenanya ketika kita sakit flu maka kita akan mengalami bersin-bersin, hidung tersumbat atau saluran hidung menjadi basah, gatal pada tenggorokan, biasanya disertai demam ringan dan sakit kepala.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika flu menyerang.

Cara mengobati flu  dengan cepat dan Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Flu Menyerang?

Ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika kita terserang flu. Di antaranya adalah cek suhu tubuh kita dengan termometr. Gunanya adalah untuk mengetahui apakah suhu tubuh kita masih normal atau terserang demam. Suhu normal pada orang dewasa adalah 37 derajat celcius.

Selain mengecek suhu tubuh, kita juga harus banyak minum air putih agar tidak dehidrasi karena jika kita flu disertai demam maka cairan dalam tubuh akan banyak berkurang. Hal yang harus diperhatikan adalah makan, istirahat yang cukup dan minum obat. 

Obat yang bisa digunakan saat flu bisa obat alami atau obat kimia dengan resep dokter. Jika Anda ingin menangani flu secara alami Anda bisa membuat minuman sehat berbahan herbal untuk menangkal flu.

Minuman Sehat Untuk Flu

Ada beberapa minuman herbal yang dapat kita buat untuk menangkal flu, di antaranya sebagai berikut.

a. Jahe Madu

Jahe sangat berguna untuk menyembuhkan flu dan batuk karena di dalam jahe terdapat senyawa anti virus dan berbagai kandungan lainnya seperti minyak atsiri, gingerol, zingiberol atau shagaol yang digunakan sebagai bahan dasar obat batuk atau flu. 

Oleh karenanya membuat minuman dari jahe sangat baik untuk menyembuhkan flu. Cara membuat minuman jahe madu ini cukup mudah, ambil beberapa ruas jahe lalu cuci sampai bersih. 

Setelah itu tumbuk jahe sampai halus lalu masukan ke dalam air hangat dan tambahkan madu. Jahe bisa disaring agar tidak ada ampas yang tersisa. Minum jahe madu ini sebanyak dua kali sehari.

b. Teh Papermint

Papermint mengandung mentol yang baik untuk mengencerkan dahak serta lendir juga untuk melancarkan saluran pernapasan. 

Oleh karenanya, membuat minuman teh papermint ini akan sangat baik bagi orang yang terkena flu agar saluran pernapsan kita lancar dan mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. 

Teh yang digunakan sebaiknya teh hijau tanpa tambahan gula dan masukkan daun papermint pada teh. Jika mau, Anda bisa menambahkan madu murni ke dalam minuman tersebut.

c. Kunyit Asam

Minuman kunyit asam ini berguna untuk menghangatkan tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh dan untuk mencegah flu. 

Membuat ramuan kunyit asam ini sangat mudah, kunyit dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. 

rebus air sampai emndidih lalu masukan kunyit tadi dan berikan asam asli lalu aduk rata. Jangan lupa disaring agar tidak ada ampas.

Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: