Jumat, 22 Desember 2017

Ketahui penyakit anemia dan cara penyembuhannya

Sehat dengan Tahu tentang Penyakit Anemia dan Penyembuhanya. Anemia atau biasa juga disebut dengan kurang darah adalah keadaan ketika jumlah sel darah merah menurun. Dalam sel darah merah terdapat hemoglobin yang berfungsi untuk mengantar oksigen ke seluruh sel pada tubuh. Jika sel darah merah kurang maka akan berpengaruh pada pengantan oksigen sehingga akan timbul gejala-gejala anemia. Lalu bagaimana penyakit animea dan penyembuhanya ini? mari kita simak penjelasan berikut.


Penyebab dan Gejala Anemia
Seseorang terkena anemia karena ada faktor penyebabnya. Faktor penyebab anemia ini di antaranya terjadi pendarahan yang berlebihan, memiliki penyakit kronis seperti penyakit kanker atau HIV, kekurangan asam folat, sel darah merah rusak atau tidak efektif, atau terjadinya gangguan fungsi sumsum tulang. Selain itu anemia juga bisa terjadi karena faktor keturunan atau kurangnya azupan gizi.

Jika seseorang terkena anemia maka dapat terlihat dari gejala-gejala yang terjadi. orang yang terkena anemia akan terlihat pada wajahnya yang pucat. Selain wajah biasanya kelopak mata  dan ujung-ujung jari juga ikut pucat. Pemeriksaan mata biasanya dengan merenggangkan mata dan melihat pada mata bagian bawah. 

Sedangkan pemeriksaan jari dapat dilakukan dengan menekan ujung jari. Jika ujung jari ditekan kembali merah maka itu normal. Namun jika ditekan mejadi putih atau pucat maka itu gejala anemia. Orang yang mengalami anemia biasanya akan mudah lelah bahkan jika tidak banyak melakukan aktivitas. Gejala anemia juga biasanya pusing dan mual serta denyut jantung tak beraturan.

Pencegahan dan Pengobatan Anemia
Untuk mencegah agar kita tidak terkena anemia, maka di antaranya adalah harus memakan makanan yang mengandung zat besi. Apalagi bagi Anda yang sedang sakit kanker dan sedang melakukan kemoterapi maka sangat penting untuk menjaga asupan makanan agar HB nya tetap stabil saat terapi. 

Jenis makanan yang mengandung zat besi misalkan daging atau kacang. Selain itu kita juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, makanan yang emngandung asam folat di antaranya kacang-kacangan, jeruk, pisang atau sayuran hijau. 

Jenis-jenis makanan untuk pengobatan anemia

jangan lupa juga untuk emmakan makanan yang mengandung vitamin, baik vitamin C maupun vitamin B12.
Pengobatan pada anemia bisa dilakukan dengan memberikan obat atau suplemen agar sel darah merah kembali normal. Bisajuga dilakukan transfusi darah jika sudah memasuki anemia berat. 

Namun bisa juga dengan menjaga pola makan yang baik. Ada beberapa jenis makanan untuk menambah darah. Dari jenis buah kita bisa memakan pisang, stroberi, jambu biji, jeruk, pepaya, mangga atau buah naga. 

Sayuran untuk menambah darah kita bisa memakan bayam, sawi atau bunga kol. Bisa juga memakan jenis kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, kacang almond dan yang lainnya. jika dari makanan laut kita bisa memakan kerang atau udang dan tiram.

Demikian sedikit mengenai penyakit anemia dan penyembuhanya.


Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: